Tinjauan Terhadap Permasalahan Dalam Pengusahaan Pertambangan Batu Bara Di Indonesia

  • Haris Retno Sumiyati Universitas Mulawarman

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan dikenal memiliki kekayaan tambang batu bara yang sangat besar. Diperkirakan cadangan Batu bara di Indonesia sebanyak 38 milyar ton. Saat ini Batu bara kembali dilirik sebagai energi alternative, seiring semakin menipisnya cadangan minyak dan gas bumi Indonesia.

Beberapa permasalahan dalam pengusahaan pertambangan Batu bara di Indonesia diantaranya : (1) Penguasaan Negara atas bahan galian tambang Batu bara sangat besar; (2) Kebijakan Pertambangan Batu bara Lebih Berpihak Pada modal asing; (3) Konflik Pemilikan lahan dengan Penduduk Lokal dan meniadakan posisi masyarakat adat; (4) Tumpang tindih lahan dengan sektor lain; (5) Pelanggaran HAM dalam Pengusahaan Pertambangan Batu bara; (6) Ketiadaan konsep “Pencadangan Energi”; (7) Tidak berpihak terhadap lingkungan; (8) Reklamasi lahan paska penambangan tidak dilakukan; (9) Rakyat akan mudah dikriminalkan.

Kesalahan utama kebijakan dan orientasi pertambangan Batu bara di Indonesia bermula dari ketentuan UU No. 11 tahun 1967 tentang Ketentuan Pokok Pertambangan, yang berorientasi pada kekuatan modal besar dan eksploitatif.  Sebagai upaya memutus mata rantai kebijakan pertambangan yang tambal sulam, perlu dilakukan suatu terobosan berani, yaitu melakukan moratorium.

Batu bara meskipun menjadi energi alternative saat ini, tetapi sifatnya tetap merupakan kekayaan alam yang tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu jika dilakukan penambangan secara terus menerus nasibnya akan sama dengan minyak bumi, pada saatnya akan habis, karena itu diperlukan pengelolaan yang baik dengan startegi pemanfaatan yang bijaksana.

Key words: Batu bara (coal), Pertambangan Batu bara (coal mining), Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (Dept. ESDM/ Departement of Energy and Mineral Resources), Pencadangan mineral (mineral reserve)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-30
Section
Articles